jump to navigation

POST dan GET October 29, 2009

Posted by amigelz in codang coding.
trackback

post dan get
Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah sesuatu yang sangat-sangat simple dan sederhana. Sengaja aku pengen mengulas masalah ini sekedar untuk mengingatkan diriku sendiri juga. Lets kita bahas bareng-bareng [CMIIW by your comment]

Apa sih POST itu?
Apa sih GET itu?

Dalam ilmu HTML, kedua kata tersebut digunakan sebagai value dari method suatu form ().

Perbedaan dari dua method tersbut yang paling mendasar adalah cara mengirim variabel saat kita menekan tombol submit.

Jika POST, maka value dan variabel dari elemen-elemen yang ada di form dikirimkan secara langsung ke page action dari form kita dengan tidak menampilkan value dan variabel dari elemen-elemen tersebut, hal ini tentunya data-data yang dikirimkan akan lebih aman, karena secara langsung data-data tersebut tidak tampak/tampil di halaman action, untuk mengambilnya kita perlu menggunakan scripting/server script [CMIIW].

Sedangkan GET, value dan variabel dari elemen-elemen di form akan dikirimkan semua melalui query string sehingga orang akan tahu, apa saja data-data yang dikirimkan secara langsung, hal ini yang bisa membuat web kita rentan oleh serangan. Dengan javascript pun kita dapat menangkap data-data yang dikirimkan [CMIIW].

Nah, sekarang kapan kita menggunakan POST dan kapan kita menggunakan GET?

Untuk data-data yang krusial dan sifatnya hanya sekali kirim, maksudnya kita hanya membutuhkan data-data tersebut hanya sekali setelah tombol submit diklik, maka lebih baik kita menggunakan form dengan metode POST, biasanya POST digunakan untuk form-form yang nantinya data-data yang dikirimkan akan langsung diinpur ke database.

Sedangkan jika inputan tersebut diperlukan untuk suatu variabel/value yang kita butuhkan terus menerus (pindah lebih dari 1 halaman) maka gunakan metode form GET, karena kita bisa mengontrol value dengan querystring, biasanya saya menggunakan method get saat searching, karena searching jika hasilnya lebih dari satu halaman, maka kita akan memerlukan data keywordnya secara berulang-ulang, jika kita menggunakan metode POST kita akan sulit mengontrol/memanage-nya, karena kita harus selalu menyediakan form dengan method POST agar data bisa kita kirimkan sesuai method sebelumnya, sedangkan dengan GET kita bisa mengontrolnya walaupun dengan tag karena kita tinggal mengambil value yang dari form GET tadi dan tinggal menambahkan ke urlnya tanpa harus ada form.

Mungkin itu sedikit pengalaman saya dengan 2 metode form tadi. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: